Minggu, 18 Mei 2014

Tugas Softskill Kewirausahaan 2

1.Definisi Kewirausahaan menurut Ahli Ekonomi , Ahli Manajemen , dan Menurut Pelaku Usaha

Menurut ahli ekonomi, wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai lebih tinggi dari sebelumnya. Wirausaha juga merupakan orang yang memperkenalkan perubahan-[erubahan, inovasi, perbaikan produksi lainnya.

Pandangan Ahli Manajemen
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan, material, tenaga kerja, ketrampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis, dan organisasi usaha baru.

 Pandangan Pelaku Usaha
Wirausaha adalah orang yang menciptakan suatu usaha/bisnis baru dalam menghadapi resiko dan ketidakpastian dengan maksud memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengenali peluang dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis, innovator, penanggung resiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.

2.faktor-faktor penyebab keberhasilan wirausaha antara lain :
-          Berani dan Percaya diri
-          Disiplin dan Mau bekerja Keras.
-          Kreatif dan Memiliki Daya Inovasi Yang Tinggi
-          Memiliki Kompetensi Kewirausahaan Yang Baik
3.Ciri dan watak yang diharus dimiliki oleh seorang wirausahawan, antara lain :

Percaya Diri.
Wataknya : Keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.

Berorientasikan tugas dan hasil.
Wataknya : Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan emiliki inisiatif.

Pengambil Resiko.
Wataknya : Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.

Kepemimpinan.
Wataknya : Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.

Keorisinilan.
Wataknya : Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.

Berorientasikemasadepan.
Wataknya : Persepsi dan memiliki cara pandang/ cara pikir yang berorientasi pada masa depan.

4.Tahap melakukan wirausaha terbagi menjadi 4 bagian, yaitu

1.Tahap memulai
Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru. Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah dibidang pertanian, industri, atau jasa.
Contoh : dengan melihat situasi di sekitar kita, kita dapat menentukan jenis usaha apa yang cocok dengan lingkungan sekitar, misal di lingkungan yang ramai dan tidak ada supermarket ataupun mall, kita dapat membuka warung .

2.Tahap melaksanakan usaha.
Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya.
Contoh : memutuskan bagaimana pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi dalam usahanya.

3.Tahap mempertahankan usaha
Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
 Contoh  : produk sabun kurang diminati maka kita tidak perlu mengorder banyak produk tersebut.

4.Tahap mengembangkan usaha
Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
Contoh : warung sembako dapat menambah variasi produk yang dijual misal menjual kaos kaki juga.

5. Kompetensi yang yang harus dimiliki wirausahawan, yaitu
- knowing your business ( mengetahui bisnis yang akan dilakukan)
- knowing the basic business management (mengetahui dasar –dasar pengelolaan bisnis)
- having the proper attitude (memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukan)
- having adequate capital (memiliki modal)
- managing finances effectively (mengelola keuangan secara efektif dan efesien)
- managing time efficiently (mengatur waktu seefisien mungkin)
- managing people (mengendalikan orang – orang dalam menjalankan perusahaan)
- statisfying customer by providing high quality product (memberi kepuasan kepada pelanggan)
- knowing How to Compete (Megetahui Strategi/ Cara bersaing)
- copying with regulation and paper work (pedoman yang jelas tersurat)



6.8 anak tangga menuju puncak karir menurut alma adalah
-                -      mau kerja keras (capacity for hard work)
-          bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people)
-          penampilan yang baik (good appearance)
-          yakin (self confidence)
-          pandai membuat keputusan (making sound decision)
-          mau menambah ilmu pengetahuan (college education)
-          ambisi untuk maju (ambition drive)
-          pandai berkomunikasi (ability to communicate)

 7. 4 kegiatan Marketing adalah
1.       Analisa siatuasi lingkungan dan peluang pasar
2.       Mengembangkan sasaran pemasaran
3.       Menetapkan strategi pemasaran
4.       Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan

8. AIDA + S ialah
A = Attention : Memberikan perhatian khusus kepada segmen target pasar kita. Sehingga menjadi menarik untuk mereka membaca apa yang kita tawarkan dan sesuai dengan target pasar yang kita inginkan.

I = Interest: Memberikan ketertarikan pembaca/prospek untuk lebih membaca lagi iklan/pemasaran tools yang kita tawarkan dengan benefit, keuntungan yang akan didapatkan. 

D = Desire : Memberikan rasa/hasrat keinginan dari pembaca untuk mengikuti apa yang kita tawarkan. Biasanya memberikan testimoni para pelanggan yang ada. Lalu memberikan lebih detail apa yang ditawarkan dan apa yang akan didapatkan jika mereka membeli produk/jasa dari kita. Lebih memberikan sebuah emotional benefit kepada mereka sehingga ada keinginan untuk membeli.

A = Action: Membuat prospek untuk segera Action, dengan menghubungi kita segera untuk membeli atau mendaftar. Action field ini biasanya dibatasi dengan waktu, jumlah terbatas, hadiah-hadiah/bonus/benefit tambahan jika segera membeli/mendaftar pada waktu yang diberi batas.


S = Satisfaction: Buatlah dan jagalah kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan dari prospek yang telah menjadi pelanggan tersebut agar ia membeli produk/jasa kita kembali dan mereferensikan kepada teman-temannya untuk bisnis kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar